Senin, 18 Mei 2015

Perpuluhan

Halooooo, selamat malam semua. Hari ini hari pertama merasakan kantor baru. Kita satu tim terdiri dari 4 orang. Terdiri dari 2 cowo dan 2 cewe. Kantornya sihh standar lah ya kyk kantor kebanyakan orang2nya juga bersemangat jadi enak ga butuh waktu lama juga berbaur dengan mereka. Jadinya ga terlalu ngerasa ada gap dengan mereka maka bisa cepat akrab deh hehehe... karna masih ada beberapa hal yg masih harus dikerjakan maka tadi siang berkunjung ke kantor lama, sambutan temen2 pada heboh gitu pada nanyain gmn di kantor yg baru? Dalam hati "yaelah baru juga sehari ga ketemu bisa segitu hebohnya, lagian jaraknya juga deket kok hahaha". Abis beresin urusan dari situ ngobrol bentar lah sama anak2. Nahh dari obrolan tersebut ada satu obrolan sama temen namanya Rio yang akan menjadi satu bahasan topik kali ini.

Sebelum masuk ke topik tersebut, Rio bercerita kmaren di gerejanya ada seorang pendeta bernama iwan sunito. Selain menjadi pendeta profesi beliau adalah pemilik Crown Group yang bergerak di bidang konstruksi. Kalo di indonesia semacam agung podomoro land ato ciputra. Cuma Crown Group ini skala dan jangkauannya lebih besar mencakup australia dan asia tenggara. Kantornya berpusat di Australia dan termasuk 3 besar developer terbaik disana. Crown group ini pemiliknya asli orang indonesia lho, keren banget kan? Gmn beliau bisa mencapainya semua itu? Waktu sekolahnya beliau nakal banget dan bahkan pas sma sempet tinggal kelas, oleh orang tua beliau bukannya di marahi namun tetap di support hingga pada akhirnya dapat menyelesaikan kuliahnya. Kemudian beliau melanjutkan kuliah di australia dan mengambil jurusan arsitektur sesuai bidangnya yang hobi gambar gedung. Kemudian sambil kuliah beliau mengerjakan berbagai proyek kecil2an dari bikin garasi, pagar, kamar mandi, sampe gudang. Dari hasil karyanya itu ga semuanya di bayar, gondok banget sihh pastinya. Tp beliau ngambil positifnya yaitu menganggap sebagai sebuah pengalaman yang berharga. Lambat laun usaha beliau mulai menanjak dari jasa arsitektur hingga memberanikan diri menjadi developer dengan modal nekat. Petuah beliau adalah High Risk.. High Return, Low Risk.. Low Return, No risk.. No return. Begitulah petuah beliau yang emang ada benernya juga sihh hingga akhirnya usaha beliau melejit sampe sekarang. Begitulah kisah perjalanan bisnis beliau.

Dari pembicaraan dengan Rio, ada satu hal yang sangat menarik buat saya, yaitu tentang perpuluhan. Alkitab mengatakan berapapun upah yang kamu terima, maka sisihkan lah terlebih dahulu sepersepuluhnya buat Tuhan. Berapapun yang kamu terima harus disisihkan terlebih dahulu buat Tuhan terlepas dari cukup tidaknya untuk membayar berbagai kebutuhan dan cicilan yang jika dipikir secara logika mungkin tidak akan cukup. Namun yang cukup menarik disini, Pendeta Iwan Sunito membalik paradigma tersebut. Maksudnya begini jika kita memperoleh upah sekian maka kita akan menyisihkan 10% dari upah tersebut. Namun yang dilakukan beliau adalah berdoa kepada Tuhan beberapa tahun mendatang dapat memberikan perpuluhan sebesar $ 1juta, wuihhh duit yg gede banget yaa... kemudian jika sudah dapat memberikan perpuluhan tersebut maka beliau akan berdoa lagi kelak suatu saat dapat memberikan perpuluhan sebesar $ 10 juta dan begitu seterusnya. Jika kita telaah, selama ini kita berdoa kepada Tuhan memohon untuk diberikan rejeki yang berlimpah, pekerjaan yang bagus, karir yang mantap, bisnis yang lancar. Namun jika kesemuanya itu tercapai, akankah kita akan memberikan perpuluhan dari hasil yang telah dicapai? Terkadang sifat serakah manusia akan muncul, dan akhirnya mengesampingkan Tuhan dengan terlebih dahulu mengutamakan berbagai kebutuhannya dan bayar berbagai cicilan kemudian sisanya baru diberikan kepada Tuhan. Namun yang dilakukan oleh Pendeta Iwan kebalikannya, beliau justru lebih mengutamakan Tuhan terlebih dahulu dengan berdoa supaya dapat memberikan perpuluhan sebesar $ 1juta meskipun saat itu pendapatannya tidak sebesar itu atau bahkan lebih kecilnya. Keren bgt pemikirannya beliau, saya aja sampe ga kepikir hal itu lho. Setelah dipikir dan disambung2in emang ada ayat alkitabnya dan populer bgt ayatnya yaitu Matius 6:33 " Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan Kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu". Baru ngeh deh ada kaitannya sekarang hehe.. 

Sungguh pembicaraan yang singkat namun mengena banget, serasa ditampar saat ngebahas tentang perpuluhan. Selama ini yg dicari selalu rejeki yang berlimpah namun saat diberikan kita lupa memberikan terlebih dahulu kepada Tuhan kita sebagai penyedianya. Terima kasih Tuhan atas berkatmu Kau telah ingatkan aku.
Selamat malam semuanya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar