Minggu, 05 April 2015

Business

Beberapa waktu yang lalu salah satu pengusaha kawakan sekaligus mentor bisnis kenamaan Bob Sadino meninggal dunia, banyak kalangan yang turut bersedih atas kepergian beliau termasuk saya. Dengan dandanan yang khas kemeja putih dan celana pendek, bahkan ketemu presiden Soeharto pun yang notabene orang nomor satu di Indonesia lho (waktu itu) beliau tetep pake celana pendek. Amazing ga tuhh? Sapa coba yg berani bertemu presiden pake celana pendek? Band Ungu aja pas dateng ke Istana buat ketemu SBY pake celana jeans langsung disuruh balik sama paspampres ganti ke celana kain dulu sebelum menginjakkan kakinya ke Istana Negara. Om Bob (panggilan akrabnya) emang seorang yg berpikiran out of the box, gampang nangkep peluang buat dijadiin duit, pendidikan om bob juga ga tinggi-tinggi amat ga sempet kuliah malah. Tau telor ayam negeri kan? Itu lho telor yg warnanya coklat dan ukurannya lebih besar dari ayam kampung. Jadi dulunya waktu om bob muda nekat ikut jadi anak buah kapal (ABK) untuk perusahaan pelayaran, waktu itu yg ada dipikirannya gimana caranya dapet duit dan bisa menyambung hidup, ga ada tuhh terpikir jadi pengusaha sukses. maka berlayarlah om bob ke negeri nun jauh disana terbilang negeri Belanda, selama berbulan-bulan bekerja disana terkejutlah om bob ngliat ada telor ayam negeri, ukurannya lebih besar dari telor ayam kampung dan warnanya berbeda. Pokoknya belum ada di Indonesia deh, emg dasar otak dagang dibawa lah telor ayam negeri itu ke Indonesia untuk di Jual, awalnya memang byk yg ga mau beli dagangannya om bob karna bentuknya aneh ga seperti telor ayam kampung kebanyakan (iyalah beda, indukan yg bertelor aja uda beda). Pelan tapi pasti dagangan om bob laku kejual dan banyak yg beli. Dari jualan telor akhirnya berkembang jualan sayur mayur dan segala macam sembako yg ga ada di Indonesia pokoknya dimasukin deh, macam paprika, mayonaise, dan berbagai macam keju2an. Akhirnya dengan segala keberanian si om mendirikan supermarket kemchik pertamanya di daerah kemang, jakarta selatan.Dari situ saya mendapat banyak pelajaran bagaimana harusnya berbisnis yang baik, berikut rangkuman menurut saya, CMIIW



1.Temukan Peluang
Seperti contoh yang di atas, waktu si om jalan2 ke belanda beliau melihat ada telor ayam yang bentuknya ga biasa kyk di Indonesia dan waktu Dimakanpun rasanya tetep enak, kalo ga bisa nangkep peluang yauda tinggal beli trus dijadiin oleh2 buat sanak saudara, abis itu yauda ga lanjut. Padahal kalo jadi peluang bisa gede banget. Contoh lain nihh, pas jadi mahasiswa baru apalagi keterima universitas terkenal biasanya kita bangga nihh dengan almamater tercinta, kan bisa dijadiin peluang tuhh, apa coba? Kita bikin aja jaket kampus, ga bisa desain? kerjasama aja sama mamang konveksi dengan imbalan kalo desainnya disukain anak2 kampus dan byk yang mesen, bakal order ke si mamang itu aja. Sama-sama menguntungkan bukan? Si anak2 bangga make jaket almamaternya, kita dapet keuntungan, si mamang konveksi dapet orderan. Semua senang bukan?

2. Cari Pasar
Nahh ini nihh, kadang yg susah buat mereka yg lg startup, okee disini gw uda tau mau jualan apa, tp mau jual kemana? Riset membuktikan rata2 mereka yg lulusan SMA ke bawah lebih sukses menjual produknya dibandingkan mereka yg lulusan S1, why? Karna mereka yg cuma lulusan SMA disaat melakukan sesuatu tinggal dilakukan aja ga ada kepikiran karna gengsi ato apapun itu. Itulah mengapa banyak pengusaha sukses rata2 pendidikannya ga tinggi tapi pegawainya rata-rata lulusan S1 bahkan S2, contoh pengusaha sukses tersebut adalah Bob Sadino, Bu Menteri Perikanan dan Kelautan Susi Pudjiastuti (Susi Air) dan Ayam Bakar Mas Mono (lupa nama lengkapnya, tp uda pernah masuk Kick Andy dan gerainya uda puluhan). Kalo lulusan S1 disuruh jadi marketing pasti bakalan males banget, karna yg terbersit dipikirannya adalah "masak gw uda sekolah tinggi2 dan uda bayar mahal malah disuruh jualan" gw lebih prefer kerja kantoran aja. Kalo uda kyk gini sebenarnya siapa yg lebih pinter? Ketika kita mencari sasaran konsumen kita pastinya di awal kita akan melewati banyak penolakan dan itu adalah hal lumrah, kalo kita ga bisa menanggalkan gengsi kita, yaudah good bye... 

3. Bangun Jaringan
Selain cari pasar, yang ga kalah pentingnya adalah Bangun Jaringan, entah jaringan konsumen maupun jaringan suplier. Disini kita coba ngebahas jaringan suplier, kita harus rajin2 terus cari suplier jangan sampe tergantung sama satu suplier aja, bisa2 entar kalo si suplier kolaps kita ikutan kolaps juga, amit2 deh. Peran suplier amat penting karna peran mereka juga ikut mempengaruhi keberlangsungan usaha kita. Kalo permintaan dari konsumen lg tinggi2nya sementara stok dari suplier lg kosong, bisa rugi kita karna momennya lg bagus ehh ternyata barang kosong kan beteee... suplier harus kita baik2in bahkan kadang2 perlu di entertain kalo emg harga dari dy murah, stok selalu tersedia, dan kualitas produk nomor satu. Kalo uda kyk gitu jangan sampe lepas brooo, sekali kita kecewain bisa2 ga di suplai barang lg dari dy brooo, bisa tamat kita. Itulah pentingnya membina relasi. Kalo konsumen kan jelas, kita harus bisa memenuhi permintaannya. Memberikan layanan yg terbaik, uda dehh pasti bakalan getok tular ke konsumen yg lain.

4. Fokus
kalo ini sihh jelas yaa, kalo awalnya jualan telor ayam. Ya fokusnya disitu aja, jangan disambi jualan ban mobil, jualan semen, ato jualan emas. Si konsumen bakalan bingung sebenernya kita ini jualannya apa sihh. Masak iyaa dalam satu toko produk telor, semen, dan emas dijual dalam satu tempat? Kan ga mungkin banget. Secara perlakuan masing2 produk tentu berbeda yg satu dengan yang lain dan pola usahanya juga tentu berbeda pula. Itulah sebabnya kita harus fokus disatu bidang dulu.

5. Kembangkan
Kalo uda fokus dan uda kita kuasai produk yang uda kita jual, maka kembangkanlah. Misalnya jualan telor ayam, fokus kita adalah dalam bidang pangan maka bisa dikembangkan untuk jualan beras, minyak goreng, gula, kacang hijau, beras merah, dan lainnya. kembangkanlah dari toko kecil jadi toko besar ato grosir dari grosir bisa jadi supermarket kan? Kyk kemchik punyanya om Bob. Bisnis itu ibarat sebuah tumbuhan, dari bibit dengan tekun kita siram dan beri pupuk hingga bertahun-tahun kemudian jadi sebuah pohon dengan jaringan akar melebar kemana-mana, bisnis juga seperti itu guys!!!!

6. Kerja Keras
Kalo ini sihh uda jelas semua kan brooo???  semua hasil yg kita inginkan tentu butuh kerja keras kan? Kalo kata Einstein bakat itu cukup 1% aja sisanya kerja keras, dan jangan lupa berdoa tentunya. Do the Best Let God do the rest..

Inti dari semua ini adalah Just Do it, kalo direncanain doank tapi ga ada eksekusi, yaa tinggal mimpi doank ga berarti apa2, Keburu dikerjain sama orang lain dan akhirnya mereka sukses, baru deh ngrasa nyesel. Penyesalan selalu datang terlambat men!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar