Minggu, 12 April 2015

Hutang

Jadi ceritanya tadi sore di hari minggu, mumpung lagi waktu senggang saya maen ke rumah salah satu sahabat gereja namanya ramot dan dinar. Mereka pasangan suami istri dan satu gereja juga. Kebetulan ramot lagi pulang ke surabaya saat ini dy kerja di jakarta di perusahaan BUMN, mumpung lagi kosong kenapa engga maen2 kesana aja, sapa tau dapet info2 seru ato gmn keseharian dy disana. Nahh ternyata bener, banyak topik seru yang di obrolin, mulai dari tentang pekerjaannya yang di lakukan saat ini, asuransi kesehatan yang diterimanya yang sangat membantu saat dinar (istrinya) baru saja menjalani proses persalinan, sampe gimana rekan kerjanya yang di karir pekerjaannya ga terlalu menonjol ato bisa dibilang ga berprestasi namun memiliki bisnis bermacam2. Nahh dari obrolan seru barusan, saya tertarik untuk membahas topik yang terakhir nihh yaitu bekerja diperusahaan namun punya usaha sampingan. Jadi tuhh tadi ramot bercerita bagaimana seniornya bisa memiliki usaha sampingan, hidup itu pilihan guys. Jadi gini seniornya sebenarnya memiliki kesempatan untuk berkarir ke tingkat yg lebih baik namun harus bersedia ditempatkan keseluruh Indonesia, bisa aja donk sampe pelosok antah berantah. Nah seniornya dy tuhh menolak untuk ditempatkan dan pengen tetap stay di jakarta, alhasil karirnya ya mentok disitu-situ aja ga berkembang, malah sama bosnya ditempatkan di bagian perpustakaan, peralatan ato bagian koperasi, kalo diliat sihh kasian yaa? Uda mau pensiun kok ga ada peningkatan, TAPI... font'nya gede yaa? Penuh penekanan gitu hahaha... kalo kita mengenal si senior itu lebih jauh lagi kita bakalan melongo kalo tau bisnis apa aja yg dy jalanin. Saya sebutin satu2 yaa, juragan angkot di depok, punya kos2an 30 kamar, dan usaha rumah makan luasnya 3×15 meter 2 tingkat. Keren kaaaaan? Penghasilannya berapa? Yang pasti gede, jauhlah kalo dibandingkan sama gaji yang diterimanya dari kantor. Salah satu contohnya aja nihh yang kos2an itu satu kamarnya dihargai 600ribu kalo 30 kamar berarti 18 juta/bulan. Pengeluarannya paling bayar air, listrik, sama pembantu buat bersih2, kalo ga mau repot listriknya di pasang token aja jadi biaya listrik jadi urusan si pengguna jadi ga repot buat ngingetin si penghuni kalo lupa matiin lampu karna sistemnya prabayar. Itu cuma dari kosan  doank lho yang notabene merupakan pasive income jadi kita ga perlu ngapa2in, nahh kalo penghasilan dari angkot dan rumah makan berapa? Gede lahh pastinya cukup untuk hari tua hehee.. Nahh pemikiran si senior itu milih karir yg biasa2 aja supaya bisa fokus ngurusin bisnisnya, jadi karna dy dibagian perpustakaan otomatis tanggung jawabnya ga gede dan bisa ditinggal2 kapan aja secara dy tinggal nyuruh anak buahnya aja buat jagain tuh perpus dan dy bisa keliling mantau bisnisya sesekali kalo ga ada masalah ya balik lagi ke perpus. Secara orang2 kantor juga ga tiap hari juga kan perpus? Jadi nyante bgt kerjaannya hehe..
Nahh pertanyaannya dari mana asal mula usaha si senior tersebut?  Asal mulanya adalah dari Hutang!! Ya dy mulainya dari nguta g ke koperasi tempat dy kerja. Pelan2 dy bangun bisnisnya dengan modal utang, mungkin uda bertaun2 yang lalu dengan jerih payah, jatuh bangun, dan irit seiritnya untuk membangun bisnisnya dan saat ini lah dy menuai hasil jerih payahnya, disaat pensiun nanti dy ga bingung mau ngapain untuk memulai aktivitas di masa tuanya. Bahasan kali ini adalah tentang hutang, macemnya kayak gimana?. Nahh mari kita bahas satu persatu.


Jenis hutang ada 2 macem yaitu 
hutang konsumtif
hutang konsumtif tau sendiri lah, mau beli sepeda motor, hand phone, ato mobil yang sifatnya untuk pemakaian pribadi dengan cara berhutang yang kemudian dicicil secara angsuran per bulan. Singkat aja lah yaa, saya ga berminat ngebahas panjang2 karna pasti uda pada tau sendiri hehe..

hutang produktif
nahh hutang produktif ini adalah, berhutang untuk membelanjakan sesuatu yang menghasilkan. Contohnya ya si senior yang tadi itu, dy beli angkot satu pada tahun pertama dengan cara leasing, pembayaran angsurannya dari hasil narik angkot tadi. Trus katakan hasil dari narik uda cukup buat nutupin pembayaran angsurannya maka pada taun kedua si senior beli angkot lagi yang baru buat narik lagi, dan begitulah seterusnya sampe2 
bisa jadi juragan angkot di depok saat ini.  Sesuatu yang sangat menghasilkan bukan?


Itu tadi sekilas penjelasan tentang hutang, kadang ada pengusaha yang ga berani ngutang karna takutnya nanti ga bisa bayar, untuk ngembanginnya ya sambil nabung dari hasil usaha yang lagi berjalan aja. Memang ada juga pengusaha yang berpikiran seperti itu, kembali lagi kepada karakter si pengusaha tersebut, ada yang tipe agresif dan tipe yang alon2 asal kelakon. So mari kita itung2an bisnis antara yang berhutang sama yang engga. Misal pendapatan angkot bersihnya 3 juta sebulan, itu uda dikurangin bensin, gaji sopir dan perawatan. Nahh kalo tipe yang ga berhutang misal harga angkot baru 200 juta lah uda termasuk modif jadi angkotnya. Kalo kita pukul rata penghasilan bersih 3 juta sebulan maka setaun jadi 36 juta dengan asumsi pendapatan bersihnya ditabung semua dan ga dibelanjakan buat kepentingan pribadi maka waktu yang yang dibutuhkan untuk membeli angkot baru dari hasil tabungannya adalah selama 5 taun!!  Sekarang mari kita bahas tipe pengusaha yang mau berhutang. Pada tahun pertama punya angkot satu trus pada tahun kedua ngajuin leasing buat beli angkot satu lagi. Katakan cicilan perbulannya sebesar 5 juta selama 2 tahun. Karna uda punya 2 angkot penghasilan perbulannya jadi 6 juta jadi masih bisa nutupin buat bayar cicilan dan masih ada sisa sejuta. Trus taun ketiga ngajuin leasing lagi buat beli angkot dengan cicilan 4 juta perbulan selama 3 tahun. Total ada 3 angkot dengan penghasilan 9 juta perbulan dan cicilannya juga 9 juta perbulan, masih belum dapet apa2 sihh tapi seenganya uda punya 3 angkot kan? dan begitulah seterusnya setiap taun nambah angkot hingga jadi juragan angkot di depok. Nahh pengusaha yang ga berhutang apa kabarnya? Pada taun ke 5 baru punya 2 angkot, itupun harga angkotnya uda
pasti naek dan bakalan bisa lebih lama lagi buat berkembang jadi juragan angkot. Itulah sebabnya rata-rata pebisnis keturunan tionghoa lebih sukses dikarenakan mereka berani berhutang untuk mengembangkan usahanya, prinsipnya mereka adalah lebih baik punya toko terlebih dahulu daripada punya rumah, mengapa? Karna mereka lebih mendahulukan membeli sesuatu yang produktif daripada konsumtif, kalo usaha mereka uda maju maka barulah beli rumah, mobil, dan jalan-jalan keluar negeri. 

Jadi kesimpulannya adalah kalo uda berbisnis dan ingin berkembang maka harus berani berhutang, tentunya uda diperhitungkan masak2 yaa. Kenapa harus berhutang? Yang pertama dengan berhutang otomatis kita akan berpikir kreatif gimana caranya bulan depan bisa bayar cicilan, yang kedua kita akan belajar bertanggung jawab yaitu mendahulukan kewajiban membayar hutang daripada membelanjakan untuk kepentingan pribadi, dan yang ketiga adalah karna hutang adalah uang panas yang harus segera diputar maka kita akan berputar otak gimana caranya untuk mengembangkan usaha kita. Itulah sekilas bahasan tentang hutang, semoga kita makin terinspirasi untuk mempunyai usaha dan mengembangkan usaha yang kita miliki dan tidak hanya sekedar menjadi pegawai dan sesudah pensiun tinggal menikmati hari tua, rasanya tentu akan sangat membosankan karna kegiatan yang kita miliki saat ini jauh berkurang dibanding saat kita produktif dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar